Monday, March 14, 2005

Ken Arok

Aku suka tokoh ini, tentu saja menurut versiku sendiri. Ia gagah, bandel dan berparas menggoda. Sayangnya banyak sejarah yang menulis tentang keburukan ambisinya. Tetapi aku tetap terpincut akan segala kelakuannya.

Sebagai seorang pemuda yang cukup sakti, ia tidak terlalu sulit mewujudkan keinginannya. Kegagahannya membuat orang terkesima, benar ia memiliki kharisma.

Sempat aku coba bayangkan apa yang akan dilakukannya bila hidup di masaku kini. Mampukah kesaktiannya menghancurkan sifat rakus dan bengis para tokoh yang memegang kekuasaan?

Bisakah ia seorang diri mendobrak sistem dan mensucikan kembali kehidupan? Tentu ia akan terkejut ketika melihat peradaban barat. Dimana kemajuan dan modernitas yang dibangun dengan menerapkan metode ilmiah akan menjadi lawan yang relatif tangguh baginya. Belum lagi dari segi pemikiran para kaum yahudi, cukupkah kiranya ilmu ia untuk bersanding dengan mereka? Raguku.

Perjalanan cintanya selalu kaya akan wanita. Mungkin dari sanalah ia menghimpun sekaligus menyempurnakan segala kelebihannya. Tidak sedikit memang sejarah mencatat tampilnya tokoh-tokoh hebat berskala nasional maupun internasional, tidak bisa lepas dari kecantikan wanita yang ada disamping mereka.

Aku hanya melihat Ken Arok sebagai sosok manusia tunggal dimana proses peningkatan kualitas hidup terus diperagakan, dan untungnya ia dikaruniai kemampuan otak yang baik. Sehingga ia dapat menyelaraskan pengetahuan dengan misteri alam semesta.

Setiap cerita pasti ada akhirnya. Begitu pula kisah Ken Arok. Ia tersingkir, kemudian digantikan oleh musuhnya. Sebuah perseteruan abadi antar manusia hingga kisah dunia ini habis dipentaskan.

Akankah Sang Kuasa menutup cerita ini dengan happy ending?
Dimana angkara murka dapat ditaklukkan oleh kebenaran dan kemurnian yang hakiki.

Ken Arok bagiku tidak hanya sekedar cerita, Ia sebuah tokoh yang layak hadir kembali.
Tentu saja menurut versiku sendiri……

0 Comments:

Post a Comment

<< Home